kesehatan dan pola reproduksi remaja

mengupas masalah seputar reproduksi dari sisi kamu semua..

Iklan Layanan Masyarakat : Kondom 14.14

Latar Belakang
Salah satu penyebab terjangkitnya seseorang terhadap penyakit HIV/AIDS adalah hubungan seksual dengan sembarang orang dan tidak memakai alat pengaman. Berdasarkan data Departemen Kesehatan hingga akhir Juni 2008 lalu jumlah pengidap HIV-AIDS di Indonesia telah mencapai 12.000 orang lebih (Kompas, 2009).
Departemen Kesehatan terus menggencarkan ypaya promosi preventif kepada masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam melakukan hubungan seksual. Oleh karena itu, Departemen Kesehatan bekerja sama dengan Komisi Penanggulangan AIDS dan Lembaga Swadaya Masyarakat yang bergerak di bidang AIDS membuat iklan promosi pemakaian kondom untuk mencegah penyebaran HIV.
Tujuan
Kami mencoba menganalisa salah satu iklan layanan masyarakat bertemakan tentang promosi kondom yang dibuat dan ditayangkan oleh DepKes dan Komisi Penanggulangan AIDS. Kami menganalisa target pasar iklan ini dan rencana penayangannya. Adapun iklan yang dimaksud ada dibawah ini:





Pembahasan
Pemeran
Iklan ini diperankan oleh tokoh utama yaitu seorang pria berusia sekitar 30-an tahun, seorang pria temannya (30-an akhir), seorang pria makelar lokalisasi (40-an), dan beberapa wanita yang berperan sebagai PSK (rata-rata 20-an).
Setting Lokasi
Adegan diambil di lokalisasi yang riuh remang dengan kerlap kerlip lampu dan musik dangdut. Lokasi bisa di desa atau di pinggir kota.
Gaya Penyampaian Pesan
Pesan untuk memakai kondom disampaikan secara langsung dengan ajakan memakai kondom kepada tokoh utama. Selain itu pesan juga disampaikan dengan dorongan ketakutan pada tokoh utama setelah mengetahui PSK pesanannya terjangkit.
Analisa
Target Audiens
Target audiens iklan ini adalah laki-laki dewasa usia 20 tahunan ke atas karena pemerannya tidak ada yang dibawah 20 tahunan. Jika dilihat dari setting lokasi, iklan ini ditujukan pada segmen pria di desa atau di pinggir kota dengan kehidupan malamnya yang hidup.
Dengan disertai pemeran PSK, iklan ini lebih spesifik menyasar target konsumen jasa seks komersial.
Target Program Televisi
Dilihat dari analisa target audiens, program televisi yang ideal untuk menayangkan iklan ini adalah program untuk pria dewasa di pedesaan dan pinggir kota. Program paling lebar dan diterima hampir semua pria dewasa adalah siaran olahraga terutama sepak bola. Karena target adalah pria desa atau pinggir kota, maka fanatisme akan tim sepak bola daerah sangat tinggi. Oleh karena itu, iklan ini cocok ditayangkan pada program siaran liga sepak bola nasional.
Rancangan Program dan Biaya Penayangan
Berikut ini detil tentang rancangan stasiun televisi, program siaran, frekuensi, dan biaya penayangannya.
(terlampir dalam Ms.Excel)

download rancangan biaya
Perencanaan Biaya Tayang PSA kondom baru.xls



0 comments:

Posting Komentar

kasih komentar ya, kritik dan saran juga...terima kasih!